Minggu, 14 April 2013

Teori-teori yang Perlu Diperhatikan pada Awal Abad ke-21


Teori Sosial Multikultural karakteristik teori multikultural adalah :
ü    Penolakan terhadap teori universalistik yang cenderung mendukung pihak yang kuat, teori multikultural berupaya memberdayakan pihak yang lemah.
ü    Teori multikultural mencoba menjadi inklusif, menawarkan teori atas nama kelompok-kelompok lemah.
ü    Teoritisi multikultural tidak bebas nilai, mereka sering menyusun teori atas nama pihak lemah dan bekerja di dunia sosial untuk mengubah struktur sosial, kultur dan prospek untuk individu.
ü    Teoritisi multikultural tidak hanya berusaha mengganggu dunia sosial tetapi juga dunia intelektual, mereka mencoba menjadikannya lebih terbuka dan beragam.
ü    Tidak ada usaha untuk menarik garis yang jelas antara teori dan tipe narasi lainnya.
ü    Teori multikultural sangat kritis, kritik itu adalah kritik terhadap diri dan kritik terhadap teoritisi lain serta terhadap dunia sosial.
ü    Teoritisi multikultural mengakui bahwa karya mereka dibatasi oleh sejarah tertentu, konteks kultural dan sosial tertentu, dimana mereka pernah hidup dalam konteks tersebut.
Teori Sosial Post-Modern teori ini cenderung mendefinisikan masyarakat post-modern sebagai masyarakat konsumen, dengan akibat bahwa konsumsi memainkan peran penting dalam teori itu. Teori Konsumsi terdapat peningkatan dalam karya teoritis tentang konsumsi. Sebagai contoh karya teoritis yang didasarkan pada setting dimana kita mengonsumsi, misalnya Consuming Places (Urry, 1995), Enchanting a Disechanted World : Revolutionizing the Means of Consumption (Humphery, 1998).
Teori Aktor-Jaringan teori ini sangat dipengaruhi oleh strukturalisme dan post-strukturalisme. Teori Globalisasi teori ini muncul karena semakin mengglobalnya dunia sosial. Jadi, karena dunia sosial (dan intelektual) terus-menerus berubah, kita dapat mengantisipasi aliran perkembangan teori baru yang didesain untuk menjelaskan dan menangani perubahan-perubahan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar