Minggu, 28 April 2013

Juggernaut Modernitas


Dunia ini yang terus berkembang ini digambarkan Giddens seperti juggernaut dimana sebuah mesin yang terus berjalan dengan kekuatan yang dahsyat, yang dapat terus bergerak sampai kebatas-batas tertentu namun juga dapat lepas kendali,sehingga dapat menimbulkan resiko yang fatal. Dimana seseorang yang mengendarai seringkali membahagiakan yang diikuti dengan sarat harapan. Gerakan dari mesin ini tidak akan sepenuhnya terkontrol.
Dengan ilustrasi diatas menggambarkan waktu dimana sekarang kita berada.Dunia ini sangat dinamis, alur pergerakannya tidak dapat kita control, ada kalanya perubahan serta pergerakannya akan membawa kita kesuatu titik yang dapat memberikan resiko yang besar. Modernitas ini memberikan kita kemudahan tapi pada suatu waktu kita tidak akan merasa nyaman dan aman dengan segala hal yang ada ,karena perubahan yang dilalui penuh dengan resiko yang membawa konsekuensi yang berat.
Giddens menggunakan istilah juggernaut modernitas untuk menunjukan bahwa dunia ini sangat dinamis,kemajuan modernitas yang radikal dan yang terdiri dari beberapa bagian yang saling berkonflik dan kontradiktif satu sama lain.

Kedinamisan Modernitas
Kedinamisan modernitas ditandai adanya pemisahan ruang dan waktu.Pada masyarakat pramodern ruang ddidefinisikan sebagai kehadiran secara langsung atau secara fisik, namun seiringnya modernisasi kehadiran fisik pun tidak dibutuhkan lagi. Kita ketahui pada zaman modern ini segala bentuk teknologi sudah mampir ke dalam kehidupan masyarakat luas,jika dahulu budaya halal bihalal pada hari raya idul fitri , masyarakat saling bertemu secara fisik  dalam suatu tempat untuk saling berinteraksi, namun sekarang ini dengan adanya handphone pertemuan secara langsung dengan teman dan sanak saudara tidak perlu, melainkan mereka menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan tempat yang terpisah bahkan waktu yang berbeda pula.
Keterlepasan identik dengan alat tukar simbolis yakni uang. Kondisi masyarakat modern adalah masyarakat yang konsumtif, Dengan uang memungkinkan adanya pemisahan ruang dan waktu,yang artinya masyarakat dapat bertransaksi dengan orang lain   walaupun berbeda tempat atau waktu.Terbukti sekarang ini adanya jual beli barang secara online.
Selanjutnya ketika dunia terus berputar dibutuhkan suatu system atau orang-orang yang mengorganisir berbagai hal material dan social dimana masyarakat tinggal. Karena dunia ini semakin kompleks sehingga memunculkan permasalahan dari kebutuhan manusia. Capaian teknis dan keahlian professional pun memberikan sumbangan terbesar di sekitar kehidupan individu..Sistem ahli memberikan jaminan namun juga dengan resiko yang mengikutinya yang berperan disepanjang ruang dan waktu.
Revleksifitas ini berarti masa lalu sudah tidak diperhatikan lagi walaupun awalnya mencoba merevleksikan kembali ke masa lalu namun setelah itu muncul anggapan masa depan lah yang terpenting. Masa lalu yang perubahan sangat lambat dan sudah dianggapa kuno.
Modernitas adalah sebuah perubahan dunia yang terus berjalan  .Modernitas yang ditandai kemajuan teknologi menjadikan segala hal yang ada hadapan kita ini “asli tapi palsu”. Teknologi serta perkembangan dunia telah memanipulasinya. menjadikan manusia akan terjerumus dalam konsekuensi yang akan merugikan manusia sendiri. Seiring modernitas terus berjalan,kepercayaan juga terus dibangun,karena adanya pemisahan ruang dan waktu dibutuhkan suatu rasa percaya.Inilah modernitas  yang Giddens katakana sebagai Juggernaut Modernitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar