Minggu, 07 Oktober 2012

Sistem Sosial dalam Menganalogikan Komunitas



Istilah "sistem" berasal dari bahasa Yunani "Systema" yang mempunyai pengertian :

a. Suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian.
b. Hubungan yang berlangsung diantara satuan-satuan atau komponen secara teratur.

Jadi, dengan kata lain istilah "systema" itu mengandung arti sehimpunan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan satu keseluruhan. (Sumber: Tatang M. Amirin, Drs.).
Sedangkan pengertian "sistem sosial", menurut Jabal Tarik Ibrahim dalam bukunya Sosiologi Pedesaan, adalah sejumlah kegiatan atau sejumlah orang yang mempunyai hubungan timbal balik relatif konstan. Hubungan sejumlah orang dan kegiatannya itu berlangsung terus menerus. 


·        Dari tiga hal di atas terdapat tiga hal pokok, yaitu :

a. Dalam setiap "sistem sosial" ada sejumlah orang dan kegiatannya.
b. Dalam suatu "sistem sosial", orang-orang dan atau kegiatan-kegiatan itu berhubungan secara timbal-balik.
c. Hubungan yang bersifat timbal-balik dalam suatu "sistem sosial" bersifat konstan.

Dari uraian tadi menunjukkan bahwa "sistem sosial" merupakan kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian (elemen atau komponen), yaitu :

a. orang dan atau kelompok beserta kegiatannya.
b. Hubungan sosial, termasuk di dalamnya norma-norma, dan nilai-nilai yang mengatur hubungan antar orang atau kelompok tersebut.



·        Sistem sosial  merupakan ciptaan dari manusia, dalam hal ini "sistem sosial" terjadi karena manusia adalah makhluk sosial. Ada beberapa hal yang membuat manusia menciptakan "sistem sosial", antara lain karena :

a. Manusia mempunyai kebutuhan dasar biologi tertentu seperti pangan, papan, sandang dan seks.
b. Untuk memuaskan kebutuhan ini, manusia tergantung pada organisasi-organisasi kemasyarakatan.
c. Kenyataan di atas menciptakan kebutuhan-kebutuhan lain, yaitu kebutuhan sistem pada diri individu.
d. Pada akhirnya manusia berusaha untuk memaksimumkan kepuasan dari kebutuhan dirinya.

Sistem sosial mempengaruhi perilaku manusia, karena di dalam suatu "sistem sosial" tercakup pula nilai-nilai dan norma-norma yang merupakan aturan perilaku anggota-anggota masyarakat. Dalam setiap sistem sosial pada tingkat-tingkat tertentu selalu mempertahankan batas-batas yang memisahkan dan membedakan dari lingkungannya ("sistem sosial" lainnya). Selain itu, di dalam "sistem sosial" ditemukan juga mekanisme-mekanisme yang dipergunakan atau berfungsi mempertahankan sistem sosial  tersebut.


KOMUNITAS GITARIS SURABAYA

          Komunitas gitaris Surabaya adalah suatu perkumpulan para musisi handal yang berasal dari berbagai wilayah di Surabaya .Komunitas ini telah ada sejak tahun 2002 .Sebenarnya komunitas ini telah ada pada Tahun 1993 manakala ketika itu di pelopori oleh salah satu musisi kondang yaitu ANDRA RAMADHAN seorang gitaris handal dari band DEWA 19.Kemudian komunitas ini berkembang sesuai perkembangan music rock di tanah air .Muncullah tiga nama besar dalam seperti IVAN gitaris band rock asal Surabaya (BOOMERANG), AZIZ gitaris Band rock (JAMRUD) Kemudian PIYU yang namanya tenar di jagad music tanah air gitaris PADI.

          PADA decade berikutnya yaitu pada tahun 1998 komunitas ini sempat vakum selama 4 tahun karena para pendiri komunitas ini seperti ANDRA dan kawan-kawannya pada sibuk dengan bandnya masing di mana band yang ngetop pada waktu itu adalah DEWA 19, PADI, JAMRUD,dan BOOMERANG. Ke empat band tersebut berasal dari Surabaya dan mampu menguasai industri music tanah air. Dari komunitas inilah lahir musisi-musisi handal .

          Sebuah komunitas yang dibentuk atas dasar kecintaan seseorang terhadap music dan orang tersebut mampu memotivasi orang lain untuk lebih giat lagi dalam belajar tentang dan  mengekspresikan sesuatu dengan music dan arransemen lagu .

          Pada tahun 2002 komunitas ini eksis kembali dengan wajah-wajah baru yang kebanyakan anggotanya adalah anak sekolah.Mereka berasal dari tempat kursus music yang berbeda rata-rata mereka adalah gitaris muda Surabaya .Diantara anggota komunitas tersebut terjalin interaksi dan pola pola culture yang terbentuk .
Mereka saling berinteraksi dan saling bertukar pikiran tentang music saling mengisisi dan melengkapi.Maka terjalinlah suatu culture yang di pakai sebagai indentitas mereka .Culture tersebut adalah ketika berada dalam komunitas tersebut diwajibkan setiap anggota melakukan fingering atau senam jari guna melemaskan jari-jari mereka untuk bermain gitar .

          Dan sebagai identitas mereka bahwa mereka adalah komunitas gitaris Surabaya mereka bermain gitar dengan skill yang tinggi dan dengan harmonisasi yang manis.Setiap setahun sekali para anggota komunitas mengadakan even music.Mereka ingin menggali bakat-bakat yang tersembunyi dari remaja Surabaya dalam bermain music. Mereka membentuk panitia dan mencari sponsor untuk dana even.



Sistem Sosial PADA KOMUNITAS GITARIS SURABAYA

                 Memahami sistem sosial ialah proses belajar mengenali, menganalisis dan mempertimbangkan eksistensi dan perilaku organisasi dan institusi sosial kemasyarakatan dalam berbagai ranah kehidupan manusia. Peran manusia di sini lebih dilihat sebagai makhluk sosial dan bagian dari kelompok kepentingan, bukan sebagai individu. Ketika kita mengamati suatu fenomena sosial, maka sebenarnya kita sedang mencerna realitas kehidupan yang membawakan kondisi sistem masyarakat tertentu yang sedang bekerja, berusaha tetap langgeng, dan seringkali berbenturan dengan sistem-sistem lainnya. Sistem ini mencirikan karakteristik sifat, tata nilai, ukuran, kualitas dan kedudukan relasional di dalam dan antarsistem. Oleh karenanya, fenomena sosial pada hakikatnya adalah proses dialog, transaksi dan negosiasi sejumlah sistem sosial pada konteks waktu dan tempat tertentu.

                   Banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari sebuah komunitas salah satunya kita bisa menambah wawasan kita dengan cara bertukar pikran antar individu atau kelompok sehingga kita mampu menyesuaikan diri dengan perubahan.

1 komentar: