Jumat, 19 Oktober 2012

Bab 5 Kesimpulan - Laporan Tipologi Sosial


Dari hasil penelitian yang kami lakukan untuk mengakhiri laporan penelitian ini, dapat kami tarik beberapa kesimpulan dan mengidentifikasi masyarakat Sumberjo ke dalam teori-teori tipe masyarakat menurut :
1.      Emile Durkheim
2.      Max Weber
3.      Robert K. Merton
4.      Ferdinand Tonnies
Menurut kelompok kami, status ekonomi sosial masyarakat Sumberjo termasuk ekonomi yang rendah karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai buruh tani dan petani. Mereka tidak memiliki lahan pribadi dan penghasilan mereka rata-rata sama. Mayoritas buruh tani dan petani Sumberjo menanam jagung dan cengkeh. Pendidikan masyarakat Sumberjo rata-rata tamat SD. Bagi yang tamat SD, mereka bekerja sebagai buruh tani dan petani.
Masyarakat Sumberjo termasuk masyarakat mekanis karena mempunyai tingkat homogenitas yang tinggi. Hal ini termasuk teori dari Emile Durkheim. Dari konsep pemikiran Emile Durkheim tentang masyarakat mekanis. Akan tetapi hal yang sama tak berlaku pada tipologi masyarakat Desa Sumberjo berdasarkan control sosial yang di terapkan di desa tersebut meskipun kita mengambil konsep yang sama yang di ungkapkan oleh Emile Durkheim.
Masyarakat desa Sumberjo sudah mulai menyadari serta membentuk konsensus tentang pelanggaran pelanggaran beserta sanksi yang diterapkan bagi para pelanggar,bukan hanya dalam bentuk adat tapi juga telah berbentuk consensus yang sering disebut dengan peraturan tertulis,dalam hal ini kami menyimpulkan bahwa dari segi kontrol sosial yang diterapkan masyarakat Desa Sumberjo mulai memasuki masa transisi dari konsep masyarakat yang mekanis menuju masyarakat yang organis.
Masyarakat Sumberjo masih bersifat fatalis. Hal ini dapat dilihat bahwa mayoritas masyarakat yang bekerja sebagai petani menganggap masa depan hanya biasa saja dan mereka menjalani kehidupan mereka apa adanya saat ini. Bagi mereka, kebutuhan sekarang untuk sekarang dan masa depan dipikir belakangan bahkan tidak memikirkan. Mereka juga tidak mengalami perubahan pola pikir meskipun sudah jaman modern.
Tapi, ada juga beberapa masyarakat Sumberjo yang mengalami masa transisi ke jaman modern. Misalnya saja sudah ada teknologi seperti warnet dan PS yang ada di daerah tersebut. Dan terdapat juga rumah penduduk yang sudah menggunakan keramik. Dan banyak juga yang telah memiliki computer ataupun laptop meski tidak semua memiliki. Keberadaan handphine juga sudah tersebar meskipun dari kalangan ekonomi kebawah, karena dapat dibuktikan dengan adanya petani atau buruh tani yang memiliki handphone meskipun tidak canggih.
Demikian kesimpulan dari hasil penelian kami mengenai TIPOLOGI MASYARAKAT SUMBERJO, semoga laporan penelitian ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.
SARAN
1.      pengurus desa Sumberjo dan masyarakat desa sekitar diharapkan untuk lebih meningkatkan keamanan desanya karena para pemuda pemuda yang ada masih cenderung untuk ikut campur dalam kegiatan kita selama di sana.
Sarana dan prasarana di sumberjo harap ditingkatkan kembali karena masih kurangnya penerangan yang ada di desa.

1 komentar: