BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Negara-negara
yang sedang berkembang memerlukan begitu banyak hal untuk mendukung perkembangan negara mereka.
Negara-negara tersebut saling meningkatkan berbagai kemampuan mereka dalam
segala aspek kehidupan masyarakat seperti pada aspek pertanian serta industri.
Kemudian, selain itu mereka juga mengadakan investasi dalam aspek kesehatan
masyarakat begitu pula dalam aspek pendidikan. Pengangkutan atau aspek
transportasi-pun juga diperlukan, dan juga cara-cara komunikasi yang baru.
Dan
saat ini, segala aspek kehidupan tersebut telah mampu berkembang dengan
pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat
dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat moderen, kemudian secara
otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi.
Penyebab utama yang paling terasa pada perubahan tersebut adalah pada aspek
Teknologi Informasi, contoh paling sederhana tentang hal ini adalah bila pada
masyarakat yang masih tradisional dahulu dalam pencapaian informasi dari jarak
jauh memerlukan waktu yang begitu lamanya, karena saat itu masih menggunakan
cara pengiriman pesan masih sederhana yaitu surat-menyurat, kemudian berkembang
menjadi faksimile kemudian telepon dan sekarang pada tingkat yang lebih moderen
telah muncul telepon genggam dalam beragam jenis dan fitur-fitur canggih yang
mendominasinya.
Tentu
kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan
umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga
memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada
di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti
Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh
kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat,
baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi
seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya
melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di
pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif
maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau
tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat
khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas
mereka.
Dari
penjelasan tentang Latar Belakang Masalah maka kelompok kami tertarik untuk
memilih judul ‘Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Masyarakat’
yang diharapkan dapat berguna bagi pengembangan Ilmu Pengetahuan serta
bermanfaat bagi pembaca.
BAB II
LANDASAN
TEORI
Pengertian
1.Pengertian
Teknologi
Kata
teknologi secara harfiah berasal dari bahasa latin’’texere’’yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi
seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal
tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Roger (1983) teknologi
adalah suatu rancangan (desain) untuk
alat bantu tindakan yang mengurangi ketidakpastian dalam hubungan sebab akibat
dalam mencapai suatu hal yang diinginkan. Jacques Ellul (1967) mengartikan teknologi sebagai
keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi
dalam setiap kegiatan manusia.
Menurut
Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun
yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih
sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun
istilah “teknologi” belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara
harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian
teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi
kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra
dan otak manusia
Pengertian
yang lain, telah diberikan oleh Arnold Pacey "The application os scientific and other knowledge to practical task by
ordered systems. that involve people and organizations, living things and
machines". Dari definisi ini nampak, bahwa teknologi tetap terkait
pada pihak-pihak yang terlibat dalain perencanaannya, karena itulah teknologi
tidak bebas organisasi, tidak bebas budaya dan sosial, ekonomi dan politik.
Definisi
teknologi yang lain diberikan oleh Rias Van Wyk "Technology is a "set of means" created by people to
facilitate human endeavor". Dari definisi tersebut, ada beberapa
esiensi yang terkandung yaitu :
·
Teknologi
terkait dengan ide atau pikiran yang tidak akan pernah berakhir, keberadaan
teknotogi bersama dengan keberadaan budaya umat manusia.
·
Teknologi
merupakan kreasi dari manusia, sehingga tidak alami dan bersifat artificial
·
Teknologi
merupakan himpunan dari pikiran (set of
means), sehingga teknologi dapat dibatasi atau bersifat universal,
tergantung dari sudtit pandang analisis
·
Teknologi
bertujuan untuk memfasilitasi human
endeavor (ikhtiar manusia). Sehingga teknologi harus mampu meningkatkan
performansi (kinerja) kemampuan manusia.
Dari
definisi di atas, ada 3 entitas Yang terkandung dalam teknologi yaitu, skill (Keterampilan), Algorithnia (Logika berfikir) dan hardware (Perangkat Keras).
Teknologi
adalah suatu tubuh dari ilmu pengetahuan dan rekayasa (Engineering) yang dapat diaplikasikan pada perancangan produk dan
atau proses atau pada penelitian untuk mendapatkan pengetahuan baru. Kemajuan
teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu
pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi
kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam
melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah
menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan
dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya
diciptakanuntuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga
memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
2 . Pengertian informasi
Informasi
merupakan data yang berasal dari fakta yang tercatat dan selanjutnya dilakukan pengolahan
(proses) menjadi bentuk yang berguna atau bermanfaat bagi pemakainya. Bentuk
informasi yang kompleks dan terintegrasi dari hasil pengolahan sebuah database
yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan pada manajemen akan
membentuk Sistem Informasi Manajemen. Data merupakan fakta atau nilai (value) yang tercatat atau
mempresentasikan deskripsi dari suatu objek. Data merupakan suatu sumber yang
sangat berguna bagi hampir di semua organisasi. Dengan tersedianya data yang
melimpah, maka masalah pengaturan data secara efektif menjadi suatu hal yang
sangat penting dalam pengembangan system informasi manajemen. Pengertian
Informasi, definisi informasi, pengertian data, definisi data, data dan system.
3.Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah
data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi
data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami
evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah
melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan
antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering
di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat
untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu.
Secara mudahnya teknologi
informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap prosesimasi dari bagian
pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
·
Lebih
cepat
·
Lebih
luas sebarannya, dan
·
Lebih
lama penyimpanannya.
Pada awal sejarah, manusia
bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa
memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.
Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar
saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui
ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di
tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu
jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar,
informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang
sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian
informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa
lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain.
Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar
peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat
(mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya. Ditemukannya
alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih
efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa
dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII
diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan
informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi
lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer
mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas
dan lebih lama tersimpan.
Teknologi
informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada zaman
modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi
sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan
Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi
Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu
menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat.
Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu
4.
Pengertian Masyarakat
Masyarakat bisa diartikan sebagai pergaulan hidup
manusia sehimpun orang yang hidup bersama dalam sesuatu tempat dengan ikatan
aturan tertentu, juga berarti orang, khalayak ramai. Menurut Hasan Sadily
memberi pengertian bahwa masyarakat ialah “Kesatuan yang selalu berubah, yang
hidup karena proses masyarakat yang menyebabkan terjadi proses perubahan itu”.
Sedangkan menurut Plato
masyarakat ialah “merupakan refleksi dari manusia perorangan”. Suatu masyarakat
akan mengalami keguncangan sebagaimana halnya manusia perorangan yang terganggu
keseimbangan jiwanya yang terdiri dari tiga unsur yaitu nafsu, semangat dan
intelegensia.
Dalam konsep An-Nas bahwa
masyarakat adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup sendiri dengan
mengabaikan keterlibatannya dengan kepentingan pergaulan antara sesamanya dalam
kehidupan bermasyarakat. Dalam hubungan manusia dengan masyarakat terjadi
interaksi aktif. Manusia dapat mengintervensi dengan masyarakat lingkungannya
dan sebaliknya masyarakat pun dapat memberi pada manusia sebagai warganya. Oleh
karena itu, dalam pandangan Islam, masyarakat memiliki karakteristik tertentu.
Prinsip-prinsip ini harus
dijadikan dasar pertimbangan dalam penyusunan sistem pendidikan Islam.
Masyarakat merupakan lapangan pergaulan antara sesama manusia. pada kenyataannya
masyarakat juga dinilai ikut memberi pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan
dan perilaku manusia yang menjadi anggota masyarakat tersebut. Atas dasar
pertimbangan ini, maka pemikiran tentang masyarakat mengacu pada penilaian
bahwa:
1.
Masyarakat
merupakan kumpulan individu yang terikat oleh kesatuan dari berbagai aspek
seperti latar belakang budaya, agama, tradisi kawasan lingkungan dan lain-lain.
2.
Masyarakat
terbentuk dalam keragaman adalah sebagai ketentuan dari Allah, agar dalam
kehidupan terjadi dinamika kehidupan sosial, dalam interaksi antar sesama
manusia yang menjadi warganya.
3.
Setiap
masyarakat memiliki identitas sendiri yang secara prinsip berbeda satu sama
lain.
4.
Masyarakat
merupakan lingkungan yang dapat memberi pengaruh pada pengembangan potensi
individu.
Dari beberapa penjelasan yang
telah dijelaskan di atas, dapatlah diberi kesimpulan bahwa pengertian
masyarakat yang penulis maksudkan ialah sekelompok manusia yang terdiri di
dalamnya ada keluarga, masyarakat dan adat kebiasaan yang terikat dalam satu
kesatuan aturan tertentu.
Dampak Teknologi Informasi
1. Dampak Positif
Dampak Positif dari munculnya
Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Kita dapat menyelesaikan pekerjaan sengan semakin mudah
dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
2. Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas
e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.
3. Munculnya berbagai jenis jejearing sosial dari adanya
teknologi informasi.
4. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu
hal melalui internet.
5. Kita juga dimungkinkan untuk berbelanja melaui internet.
6. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi bahkan
internet dapat kita akses di genggaman tangan kita sendiri, yaitu melalui
handphone.
7. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet
yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat
berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
8. Media pertukaran data, para pengguna internet di seluruh
dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
9. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga
manusia tahu apa saja yang terjadi.
10. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang
pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
11. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang
perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
2. Dampak negatif
Dampak Negatif dari munculnya
Teknologi Informasi terhadap masyarakat adalah:
1. Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
2. Munculnya budaya plagiarisme.
3. Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi
informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini udah biasa kita sebut 'copast' copy paste.
4. Munculnya pornografi/konten konten dewasa.
5. Munculnya pencurian dengan mengambil/menghack.
6. Mungkin ini merupakan kesenangan atau kelebihan ilmu si pencuri
namun tetap saja pencurian itu tidak dibenarkan.
7. Dengan semakin mudahnya berbelanja lewat internet kita dapat
meningkatkan budaya konsumsi yang menimbulkan sifat boros dan tentu berefek
tidak baik untuk kantong.
8. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka
berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
9. Dari perubahan sifat sosial tersebut mengakibatkan pola perubahan
pada interaksi.
10. Meluasnya perjudian.
11. Dengan jaringan yang tersedia penjudi tidak perlu ke tempat
khusus untuk memenuhi keinginannya.
BAB III
PEMBAHASAN
Dari pengamatan penulis, tahapan pemanfaatan
teknologi informasi dimulai pada
saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja
pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain
sebagainya yang cenderung tidak efisien. Sekarang dengan
bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar
monitor sebelum dicetak (paperless)
sehingga lebih effisien dalam waktu dan tempat
penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat
menggantikan cara konventional,
orang mulai melihat kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan
musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah
mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari
manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya
perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan
menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan
tanpa dibatasi waktu dan ruang.
A. Pentingnya
Teknologi Informasi Dalam Dunia Pendidikan
Teknologi informasi
serta Komunikasi dewasa ini berkembang cepat menurut deret ukur. Dari tahun ke
bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam, dan dari
jam ke detik. Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada suatu argumen,
bahwa informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus kehilangan
kehumanisannya.
Manusia
tidak bisa lepas dari pendidikan yang sebenarnya juga merupakan kegiatan
informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi
dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.
Pengaruh
dari Teknologi informasi dan komunikasi terhadap dunia pendidikan khususnya
dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ada lima pergeseran dalam proses
pembelajaran, yaitu:
1.
Pergeseran dari pelatihan ke penampilan.
2.
Pergeseran dari ruang kelasmenjadi dimana saja dan kapan saja.
3.
Pergeseran dari fasilitas kertas menjadi ‘on line’.
4.
Pergeseran dari fasilitas fisik menjadi fasilitas jaringan kerja.
5.
Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata.
Sebagai
media pendidikan komunikasi dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi
seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi antara guru dan
siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan
dengan menggunakan media-media tersebut.
Dengan
adanya teknologi informasi sekarang ini guru dapat memberikan layanan tanpa
harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh
informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau
ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir
adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber
teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan
dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran
dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.
Pada
saat ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang
berbasis TIK seperti: CBT (Computer Based
Training), CBI (Computer Based
Instruction), Distance Learning, Distance Education, CLE (Cybernetic Learning Environment), Desktop
Videoconferencing, ILS (Integrated
Learning Syatem), LCC (Learner-Cemterted
Classroom), Teleconferencing, WBT
(Web-Based Training), dsb.
Perkembangan Pendidkan di Era
Globalisasi.Kerjasama yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan
dengan lebih mudah antar pakar dan juga dengan mahasiswa. Padahal dahulu,
seseorang harus berkelana atau berjalan jauh menempuh ruang dan waktu untuk
menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini
dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian
dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email,
ataupun dengan menggunakan mekanisme file
sharring dan mailing list.
Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Sulawesi dapat berdiskusi masalah
teknologi komputer dengan seorang pakar di universitas terkemuka di pulau Jawa.
Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik
di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.
Di
dalam bidang penelitian juga diperlukan Sharing information agar penelitian
tidak berulang (reinvent the wheel).
Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat
digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan
teknologi.
Sebuah
aplikasi baru bagi Internet yaitu Virtual university. Virtual university
memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang
diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa,
berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta
mungkin hanya dapat diisi 40 – 50 orang. Virtual university dapat diakses oleh
siapa saja, darimana saja. Penyedia layanan Virtual University ini adalah
www.ibuteledukasi.com . Mungkin sekarang ini Virtual University layanannya
belum efektif karena teknologi yang masih minim. Namun diharapkan di masa depan
Virtual University ini dapat menggunakan teknologi yang lebih handal semisal
Video Streaming yang dimasa mendatang akan dihadirkan oleh ISP lokal, sehingga
tercipta suatu sistem belajar mengajar yang efektif yang diimpi-impikan oleh
setiap ahli IT di dunia Pendidikan. Virtual School juga diharapkan untuk hadir
pada jangka waktu satu dasawarsa ke depan.
Manfaat-manfaat
yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan
Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan di Indonesia.
B. Penggunaan Komputer di Kehidupan
Masyarakat :
1.
Bidang Perbankan
Didalam Bank, komputer
digunakan sebagai Sistem Uang Elektronik (menggunakan ATM, Kartu Kredit, Debit Card, dan lain lain) untuk
menyimpan data, memproses transaksi dan pembayaran
tagihan secara on-line.
2.
Bidang Perdagangan
Komputer sangat membantu
untuk memproses data dalam jumlah yang banyak seperti di tempat-tempat perbelanjaan untuk menyimpan data
transaksi, inventaris persediaan (stock) barang, pembuatan laporan keuangan, faktur, surat- surat, dokumen dan lain-lain. Selain tunai pembayaran juga dapat
dilakukan secara elektronik dengan menggunakan credit card atau debit card.
3.
Bidang Perindustrian
Komputer digunakan di dalam
bidang industri (CAM – Computer Aided Manufacturing) untuk menghasilkan produktivitas kinerja yang
tinggi, mengurangkan biaya dan
menangani masalah kekurangan tenaga kerja. Misalnya, robot
diciptakan untuk menjalankan semua kerja dengan mengikuti arahan yang diberikan melalui komputer seperti memasang komponen-komponen kereta
atau membukanya kembali, membersihkan minyak dan
menyembur cat dalam industri pemasangan kereta. Untuk
merancang sebuah mobil digunakan CAD – Computer Aided Design.
4.
Bidang Transportasi
Komputer digunakan untuk
mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis
melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan
raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan
memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan
pengendalian jalan raya tertentu.
5.
Bidang Rumah Sakit
Pada Rumah Sakit modern,
komputer digunakan untuk membantu dokter menjalankan tugasnya seperti mendiagnosis penyakit, menghasilkan
gambar sinar-X bergerak (CAT – Computer Axial Tomography), membantu orang cacat seperti menghasilkan alat membaca dengan teks khusus bagi orang tuna
netra. Selain itu untuk menyimpan riwayat penyakit
pasien, penggajian para karyawan RS, mengelola persediaan
stock obat-obatan.
6.
Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai
alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education).
CAI (Computer Assisted Instruction)
digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam
pelajaran. Selain itu komputer jg dapat digunakan untuk
meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar,
dan soal-soal ujian maupun latihan.
7.
Bidang Seni
Synthesizer kini popular digunakan untuk
meniru bunyi alat-alat musik
tradisional seperti
bunyi gitar dan piano. Komputer juga digunakan dalam berbagai
proses penciptaan lagu seperti penyusunan dan rangkaian (sequencing) nada. Grafik komputer merupakan
bidang yang pesat dimajukan kini. Komputer juga telah
digunakan untuk menghasilkan animasi dalam film-film kartun dan untuk menghasilkan “special
effects”.
8.
Bidang Penelitian Ilmu Pengetahuan (Science)
Komputer digunakan untuk
penyelidikan tenaga nuklear dan pemrosesan data, penyelidikan kawasan minyak. Komputer juga digunakan untuk
penelitian angkasa lepas dan penyelidikan asas dalam
sains dan matematik. Komputer juga digunakan dalam
ramalan cuaca seperti mengambil gambar awan dan dikirim ke bumi. Di bumi para ahli cuaca akan meramal cuaca pada ketika itu.
9.
Bidang Rekreasi
Komputer digunakan sebagai
satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai yaitu permainan komputer baik secara online maupun offline.
Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai
jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster dan lain-lain.
10
Bidang Pertahanan dan Keamanan
Komputer juga dicipta untuk
tujuan perperangan dalam sistem senjata, pengendalian dan komunikasi. Kapal perang dan kapal terbang yang
modern dipasang dengan peralatan komputer yang canggih
untuk membantu dalam melakukan navigasi atau serangan
yang lebih tepat. Komputer juga digunakan untuk latihan
simulasi perperangan bagi calon prajurit untuk mengurangkan biaya.
11.
Bidang Komunikasi
Komputer bisa mengirim dan
menerima pesan dari komputer yang lain sampai beribu kilometer jauhnya. Telekomunikasi ialah proses
pertukaran pesan di beberapa sistem komputer atau
terminal melalui alat media seperti telepon, telegraf dan
satelit. E-mail ialah surat elektronik yang dikirim melalui komputer, salah satu bentuk komunikasi dengan menggunakan komputer. MODEM
(Modulator/Demodulator)
diperlukan untuk menukar pesan komputer kepada isyarat
audio supaya boleh dihantar melalui telepon.
BAB IV
KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas dapat
ditarik kesimpulan :
1. Teknologi merupakan sesuatu tentang cara untuk menyusun, membangun
dengan berbagai cara tidak hanya terbatas dengan mesin saja. Teknologi adalah
suatu rancangan/desain yang merupakan alat untuk memenuhi kebutuhan dengan
bantuan tangan dan pikiran serta mengurangi ketidakpastian dalam memperhitungan
sesuatu yang kita inginkan.
2. Informasi adalah sekumpulan data tentang berbagai hal yang berasal dari
fakta yang dicatat yang kemudian diolah menjadi sebuah bentuk yang berguna dan
bermanfaat bagi pemakainya. Dengan adanya informasi kita bisa mengetahui
tentang berbagai hal tanpa harus melihatnya secara langsung. Entah bersifat
objektif maupun subjektif
3. Teknologi Informasi merupakan
sebuah cara untuk mengolah data (memproses , mendapatkan, menyusun,
memanipulasi, mempublikasikan data) untuk menghasilkan informasi-informasi yang
berkualitas. Dengan teknologi informasi kita dapat memperoleh dan mengetahui tentang
informasi-informasi dari berbagai belahan dunia tanpa harus mengunjunginya
serta kita dapat mengetahui informasi lebih cepat dan lebih luas jangkauannya.
4. Teknologi informasi juga memberikan dampak-dampak terhadap masyarakat
semisal, kita lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan karena adanya
teknologi, dengan teknologi informasi kita dapat berkomunikasi dengan orang
lain dengan fasilitas e-mail, chatting; Selain itu, dengan TI kita dapat
berbelanja memalui situs-situs dan jejaring sosial tertentu. Untuk para
pelajar, dengan adanya teknologi informasi pelajar dapat mencari materi-materi
yang menunjang pembelajaran dengan mencari di dalam internet, dll.
5. Selain memberikan dampak-dampak positif yang sangat banyak, teknologi
informasi juga memberikan dampak-dampak negatif, semisal : munculnya
situs-situs porno(pornografi), meningkatnya plagiatisme, mengurangi sifat
sosial manusia karena lebih cenderung menggunakan internet dari pada bertemu
secara langsung, akibatnya terjadi perubahan interaksi sosial, serta meluasnya
perjudian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar