Senin, 18 Februari 2013

Perayaan Imlek di Tahun Ular


Untuk teman2 yang merayakan tahun baru china, saya ingin mengucapkan selamat. Saya bukan dilahirkan bukan di lingkungan orang China, makanya saya tidak tahu yang disebut tahun China dengan berbagai simbol binatang. Hari ini tahun baru China, banyak yang menyebut imlek, saya sendiri tidak tahu apa arti dan kata apa itu imlek.
Tahun ini, 2013, adalah tahun ular. Banyak yang dituliskan sisi positip dari ular, salah satu yang cukup mengesan dan terus saya ingat adalah : “Ular itu kalau makan dan kenyang, dia akan diam dan tidak akan makan kembali. Ini sisi positip karena ular tidak rakus“.
Prilaku rakus adalah prilaku buruk dan sangat gampang sekali melanda manusia, termasuk saya. Rakus ini sering menggoda kalau kita dalam keadaan yang mungkin “sangat gampang memperolehnya”, sehingga dalam keadaan cukup atau berkelebihan kita tetap mau mengambilnya.
Ada sedikit tersirat, mungkin para koruptor itu tidak lahir di tahun ular. Dalam hati saya berkata, pemilihan pejabat yang sangat mungkin melakukan tindakan korupsi sebaiknya dilihat tahun apa dia lahir. Yang jelas mungkin ada yang protes juga, tidak semua begitu.
Mungkin ada yang bilang, “ular” juga banyak jenisnya. Meski sama lahir di tahun ular, sangat mungkin prilaku berbeda. Saya juga setuju itu, tetapi mungkin juga ada kemiripannya.
Akhirya, sekali lagi selamat tahun baru untuk yang merayakannya. Semoga pelan tapi pasti, seperti cara jalan ular, banyak kemajuan. Bila dalam keadaan terjatuh dibawah, semoga tetap bisa menggeliat dan tetap jalan meski harus merayap seperti ular. Dalam keadaan lelah, semoga bisa menggerahkan semua tenaga, seperti ular yang bisa mengekang dengan kuat dengan segenap badannya. Intinya tetap semangat dan tanpa putus asa dalam keadaan sesulit apapun.
Meski nggak ngerti artinya yang benar (mungkin berarti selamat tahun baru) : "Gong Xi Fat Cai...!!!".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar