Senin, 18 Februari 2013

Indahnya Sebuah Proses


Suatu saat kita pernah memperjuangkan sesuatu yang kita inginkan dan yang kita cita-citakan selama ini, disaat kita terus berusaha, berjuang untuk mendapatkannya kadang-kadang muncul pertanyaan dari dalam diri kita sendiri, bagaimana nanti hasil dari usaha kita, bagaimana nanti hasil pengorbanan kita, dan bagaimana nanti hasil dari perjuangan kita ini. Pertanyaan itulah yang membuat keteguhan dan keyakinan kita yang semula kuat seperti besi dan baja, tetapi akhirnya melebur dan melunak.
Sangat terlalu dini ketika kita menanyakan hasilnya akan seperti apa, apabila kita tidak terlebih dulu melihat dan bertanya ke dalam diri kita masing-masing dalam arti sudah baikkah usaha kita, sudah benarkah usaha kita, ataupun sudah sempurnakah usaha yang kita lakukan, barulah kita boleh sejenak menengok tentang hasil yang akan kita dapatkan. Memang umumnya orang akan lebih suka melihat hasilnya dari pada prosesnya. Akan tetapi sebenarnya jika kita mau sedikit jeli dan berpikir, keindahan suatu usaha, pengorbanan, dan perjuangan itu terletak pada prosesnya bukan pada hasilnya. Ya, prosesnya aku berpendapat seperti itu.
Ketika suatu tahapan proses itu di lakukan dan dijalankan dengan hati, dengan suka cita dan dengan keikhlasan maka sudah terciptalah keindahan dan kebahagiaan itu karena proses itulah yang memberikan keindahan melalui perbedaannya. Misalnya ketika orang bekerja, hasil yang diinginkan adalah uang. Sehingga antara sekian banyak orang yang bekerja pada bidang yang berbeda-beda, tetapi ujung-ujung hasil yang didapatkan adalah sama yaitu uang, meskipun dengan proses yang berbeda, seorang Polisi menjaga keamanan dalam negara, seorang dokter membantu menyembuhkan penyakit pasien, seorang guru membantu mencerdaskan anak-anak bangsa dan seorang pejabat yang membuat kebijakan-kebijakannya untuk negara, dan hasil pertama yang akan didapatkanpun sama yaitu berupa uang. Apalah arti keindahan tanpa perbedaan. Jika semua mendapatkan sesuatu yang sama, lalu dimana letak keindahannya pasti kan jadi monoton.
Sedangkan jika kita memandang proses sebagai tujuan pastilah keindahan itu segera tercipta karena proses dalam mencapai hasil yang dilakukan oleh setiap orang itu berbeda-beda, seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi seorang polisi, dokter, guru dan pejabat mereka mendapatkan hasil dengan proses yang berbeda-beda dan perbedaan-perbedaan itulah yang justru memberikan warna keindahan karena keaneka dan keragaman yang timbul antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga keindahan akan semakin indah ketika tetap pada jalur yang telah di laluinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar