Rabu, 26 September 2012

Kesimpulan Fakta Sosial


Kebanyakan mahasiswa Universitas Airlangga yang berasal dari Mojokerto, Jombang, Kertosono, Kediri, serta Blitar memilih mengunakan jasa angkutan Kereta Api Ekonomi (Rapih Dhoho) untuk transportasi pulang dan perginya. Dikarenakan, biayanya yang lebih ekonomis atau murah dibanding transportasi lain.
Jadwal pemberangkatan KA Ekonomi Rapih Dhoho jurusan Surabaya-Blitar, terdapat 4 kali pemberangkatan dalam sehari yakni pukul ; 05.00 WIB, 08.00 WIB, 11.00 WIB, dan 16.00 WIB. Untuk dapat naik kereta tersebut, mahasiswa harus mempunyai tiket. Mahasiswa bisa membeli tiket ditempat penujualan tiket di Stasiun Gubeng Surabaya.
Berikut ini kami melakukan survey terhadap beberapa Mahasiswa Universitas Airlangga yang menggunakan jasa angkutan KA Ekonomi Rapih Dhoho jurusan Surabaya-Blitar lewat Kertosono, untuk mengetahui bagaimana mereka mendapatkan tiket.
1.      Herry (Mahasiswa FISIP UNAIR Prodi Sosiologi) / Tulung Agung
Setelah kami tanya dia membeli tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho pemberangkatan pukul 16.00 WIB 7 jam sebelum pemberangkatan, tepatnya pukul 08.30 WIB. Alasannya agar tidak kehabisan tiket kereta tersebut, karena 1 jam sebelum pemberangkatan tiketnya habis.
2.      Rohman (Mahasiswa FIB UNAIR Prodi Sejarah) / Kediri
Dia membeli tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho pemberangkatan jam 4 sore pada pukul 08.55 WIB atau 7 jam sebelum pemberangkatan. Alasannya juga agar dia tidak kehabisan tiket kereta tersebut, seperti pengalamannya yang membeli tiket pukul 14.00 WIB tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho sudah habis.
3.      Rofiq (Mahasiswa FH UNAIR) / Tulung Agung
Dia membeli tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho pemberangkatan jam 4 sore pada pukul 11.00 WIB atau 5 jam sebelum pemberangkatan, karena apabila tiket kereta tersebut dibeli 1 jam sebelum pemberangkatan tiket telah habis.
4.      Hasan (Mahasiswa FIB UNAIR Prodi Sejarah) / Nganjuk – Kertosono
Dia membeli tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho pemberangkatan jam 4 sore pada pukul 10.00 WIB atau 6 jam sebelum pemberangkatan.
5.      Fian (Mahasiswa FIB UNAIR Prodi Sejarah) / Jombang
Dia membeli tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho pemberangkatan jam 4 sore pada pukul 14.30 WIB atau 1,5 jam sebelum pemberangkatan, tetapi dia tidak memperoleh tiket karena tiket kereta tersebut telah habis dan beralih menggunakan KRD jurusan Jombang.
Fakta sosial (social facts) merupakan aliran sosiologi positif dengan pengkajian berasal dari atribut eksternalitas mencakup struktur sosial, norma kebudayaan, dan nilai sosial. Menurut konteks konsepsi Émile Durkheim fakta sosial adalah setiap cara atau arah tindakan yang mampu menggerakkan pada individu dari tekanan eksternal, seperti sistem keuangan, bahasa, dan tindakan yang lain.
Fenomena sosial di mana manusia menganggap segala sesuatu yang dialaminya adalah sebuah sebuah kebenaran absolut. Padahal hal itu sebenarnya adalah kebenaran semu (bukan objek) yang dibuat melalui simulasi simbol-simbol, kode-kode yang dicitrakan sedemikian dari sebuah objek yang benar.
Jadi, kesimpulannya adalah “Jika membeli tiket KA Ekonomi Rapih Dhoho pemberangkatan jam 4 sore pada 1 jam sebelum pemberangkatan, maka tiket kereta tersebut telah habis”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar