Selasa, 12 November 2013

Sosiologi Pertanian : Keterkaitan antara Sosiologi Pedesaan, Sosiologi Pertanian, dan Ilmu Pertanian

Sosiologi pertanian merupakan perkembangan dari sosiologi pedesaan. Sosiologi pedesaan dan sosiologi pertanian sendiri lahir dari ilmu pertanian dan merupakan bagian dari ilmu pertanian.

Ilmu pertanian merupakan suatu ilmu yang mencoba mengkaji dan menelaah usaha manusia dengan mengorganisasikan SDA (sumber daya alam) dan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, dalam hal ini dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari cara bercocok tanam.

Sosiologi pertanian sulit dibedakan dan sering kali disamakan dengan sosiologi pedesaan, hanya saja perbedaan yang terlihat mencolok adalah objek pada masing-masing sosiologi pedesaan dan sosiologi pertanian yaitu pada masyarakatnya.

Objek sosiologi pedesaan yaitu dimana seluruh penduduknya (masyarakatnya) tinggal di pedesaan secara terus menerus tinggal dan menetap disana dan bertani. Contoh : si A tinggal di desa B dan memiliki pertanian dan bertani di desa B.

Objek sosiologi pertanian yaitu dimana seluruh penduduknya (masyarakatnya) yang bertani tanpa memperhatikan tempat tinggalnya. Contoh : si A tinggal di kota B dan memilki pertanian di desa C.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar