Kamis, 01 Oktober 2015

Resensi Buku: Sosiologi Konsep dan Teori

Judul : Sosiologi Konsep dan Teori
Pengarang : Prof. Dr. C. Dewi Wulansari, SH., MH., SE., MM
Penerbit : PT. Refika Aditama
Tempat Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2009
Cetakan : Pertama, Agustus 2009
Ukuran : 160 x 240 cm
Jumlah Halaman : ix, 219 hlm
ISBN : 979-1073-78-3

Telah banyak buku-buku teks sosiologi umum yang ditulis dan diterbitkan, dan buku sosiologi konsep dan teori yang ditulis ini adalah menyajikan titik-titik penekanan dasar yang perlu diketahui oleh seorang mahasiswa untuk nantinya dipelajari lebih lanjut pada jurusan sosiologi atau dengan mempelajarinya langsung dari masyarakat, dengan sebelumnya memafhumkan diri pada konsep dan teori yang ada. Buku ini terdiri dari enam bab yang membahas sosiologi dengan warna filsafat secara ontologi, epistemologi, hingga ke aksiologi, adapun bab-bab dimaksud antara lain sebagai berikut.

Bab pertama adalah ruang lingkup dan tujuan bahasan yang memuat lingkup pokok bahasan dan tujuan bahasan sosiologi umum. Bab kedua adalah tentang ilmu pengetahuan yang membahas manusia sebagai homo sapiens, pengetahuan dan ilmu pengetahuan, batasan ilmu pengetahuan, syarat-syarat atau ciri-ciri ilmu pengetahuan, klasifikasi ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, serta manfaat ilmu pengetahuan. Bab ketiga adalah pengenalan sosiologi yang berisi batasan sosiologi, obyek sosiologi, karakteristik sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi sebagai ilmu pengetahuan masyarakat, sosiologi di tengah ilmu sosial lainnya, sejarah dan tokoh yang membidani lahirnya sosiologi, perspektif atau paradigma sosiologi, ruang lingkup sosiologi, pendekatan sosiologi, metode sosiologi, serta gambaran sosiologi di Indonesia. Bab keempat adalah konsep-konsep dasar sosiologi yang berisi interaksi sosial, struktur sosial, dan perubahan sosial.

Pada interaksi sosial menjelaskan tentang batasan interaksi sosial, interaksi sebagai dasar proses sosial, syarat-syarat terjadinya interaksi sosial, ciri-ciri interaksi sosial, bentuk-bentuk interaksi sosial, interaksi individu dengan lingkungannya, guna mengetahui tentang interaksi sosial, sosialisasi dan pemaknaan sebagai akibat adanya interaksi sosial dalam proses sosial. Pada struktur sosial menjelaskan tentang batasan struktur sosial dan unsur-unsur pokoknya, kelompok sosial, kebudayaan, lembaga sosial atau institusi sosial, dan lapisan sosial atau stratifikasi sosial. Pada perubahan sosial menjelaskan tentang batasan perubahan sosial, sebab-sebab terjadinya perubahan sosial, faktor pendorong terjadinya perubahan sosial, faktor penghambat terjadinya perubahan sosial, proses perubahan sosial, bentuk-bentuk perubahan sosial, perlunya perubahan sosial, serta teori tentang perubahan sosial. Bab kelima adalah teori-teori sosiologi yang berisi tentang teori evolusi sosial, teori fungsionalisme struktural, teori konflik, dan teori interaksionisme simbolik. Bab keenam adalah kegunaan studi sosiologi yang menjelaskan mengenai kegunaan studi sosiologi dalam kehidupan sosial, kegunaan sosiologi dalam penelitian dan ilmu pengetahuan, kegunaan studi sosiologi dalam pembangunan, dan peran sosiologi dalam kehidupan sosial.

Buku ini begitu berbeda dengan buku-buku sosiologi umum lainnya yang lebih tebal, ringkas halaman dan pembahasannya hanya memfokuskan pada hal-hal inti yang perlu dan sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari menjadikannya sebagai salah satu referensi yang layak untuk dibaca oleh mereka yang hendak mengetahui konsep dan teori sosiologi pada tataran pengenalan awal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar