Minggu, 16 Juni 2013

Masuk 10 Universitas Terbaik versi TeSCA, UA Siap Jadi Smart Campus

Universitas Airlangga (UA) masuk dalam 5 besar perguruan tinggi tercerdas di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang digelah oleh Telkom Smart Campus Award (TeSCA) 2013. Pengumuman tersebut diselanggarakan di Jakarta pada Kamis (2/5). Dari 551 perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti seleksi pada pemeringkatan TeSCA tahun ini, UA menempati posisi ke lima.  
Adapun hasil Peringkat TeSCA tahun 2013 untuk kategori nasional :
  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gunadarma
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Universitas Padjajaran
  5. Universitas Airlangga
  6. STMIK AMIKOM Yogyakarta
  7. Universitas Bina Nusantara
  8. Universitas Komputer Indonesia
  9. Universitas Gadjah Mada
  10. Universitas Kristen Duta Wacana
Pemeringkatan TeSCA sendiri telah digelar oleh Telkom sejak tahun 2008 memang diarahkan untuk membuat pemeringkatan bagi perguruan tinggi yang memanfaatkan ICT dalam praktek belajar mengajar dan administrasi pendidikan di perguruan tinggi. Dengan pemanfaatan ICT ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi tersebut.
Rangkaian seleksi pemeringkatan dimulai dari self assessment, desk audit, site visit, penjurian akhir, laporan penilaian yang dilakukan oleh juri-juri yang kredibel di bidangnya masing-masing. Terdapat beberapa poin yang dinilai pada proses seleksi tersebut antara lain, infrastruktur terkait konektivitas jaringan di kampus, konten jaringan, aplikasi untuk menjalankan program atau konten dalam jaringan, operator jaringan, kebijakan, manfaat dari program jaringan, pemanfaatan hasil data dari program atau konten jaringan tersebut, sharing resources dengan perguruan tinggi lain, hingga akreditasi. 
Penghargaan ini merupakan cambuk motivasi untuk terus mengembangkan layanan ICT di kampus UA, hal ini disampaikan oleh Ketua Pusat Informasi dan Humas UA, Dr. M. G. Bagus AP., Psi. “Beberapa langkah telah dilakukan UA yang dipunggawai oleh Direktorat Sistem Informasi adalah penataan Web UA yang menganalogikan dengan sistem Web Matahari, peningkatan kapasitas bandwith WIFI, dan jaringan internet meluas di kampus, cyber campus, dan layanan online lainnya,” tukas Ketua PIH UA tersebut.
Saat ini, di Universitas Airlangga mahasiswa dan dosen dapat memanfaatkan fasilitas ICT untuk mendukung proses belajar mengajar. Cyber Campus yang dapat dimanfaatkan untuk merencanakan program studi, memeriksa nilai, dan berinteraksi dengan dosen. Jika sivitas akademika UA hendak mengakses koleksi perpustakaan UA pun dapat dilakukan secara online. Predikat Smart Campus bagi UA bukan hanya sekedar tempelan, karena dengan berbagai fasilitas yang Smart diharapkan kedepannya UA dapat menciptakan generasi yang Smart.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar