Minggu, 16 Juni 2013

11 Prodi UA masuk Jajaran Prodi Terbaik di Indonesia

Universitas Airlangga (UA) kembali mengukir prestasi, QS World Univesity Ranking telah melansir informasi yang menempatkan UA pada peringkat 129 dari 200 Top University Ranking Asia 2013 dan peringkat 4 di Indonesia dengan overall score 41. Score ini meningkat dari 39.42 di tahun 2012 lalu. Penilaian tersebut berdasarkan 9 indikator penilaian antara lain reputasi akademik, reputasi pegawai, rasio mahasiswa tiap fakultas, paper tiap fakultas, sitasi paper, fakultas internasional, mahasiswa internasional, dan inbound anda outbond exchange students.
Dari kesembilan indikator penilaian tersebut, UA melejit di posisi pertama di Indonesia dan 19 di Asia dalam indikator sitasi paper. Data yang diproses QS terkait sitasi ini dikumpulkan sepanjang tahun 2008-2012. Ranking ini menunjukkan semakin baiknya kualitas penelitian atau paper yang dihasilkan oleh Universitas Airlangga dari tahun ke tahun.    
Yang menarik dari lansiran data dari QS World tahun ini adalah berhasil masuknya 11 program studi yang dimiliki UA ke dalam peringkat 5 terbaik di Indonesia. Terdapat 30 subjek yang diranking oleh QS, dari 30 subjek tersebut UA masuk unggulan di 11 subjek atau program studi. Antara lain untuk subject Arts & Humanities UA unggul melalui Linguistics dan Modern Languages, subject Life Sciences & Medicine UA unggul dalam Agriculture & Forestry dan Pharmacy & Pharmacology, subject Natural Sciences terdapat prodi Chemistry  dan Mathematics yang membawa UA unggul, sedangkan dalam subject Social Sciences & Management UA unggul dalam accounting & finance, communication & media studies, politics & international studies, sociology, dan law.
Untuk subject atau program studi Ilmu Hukum, Universitas Airlangga menempati peringkat terbaik pertama di Indonesia mengungguli ITB dan UI.  Prestasi Universitas Airlangga merupakan buah dari kerja keras semua sivitas akademika untuk menjadikan Universitas Airlangga terbaik di Indonesia, Asia, dan Dunia tidak hanya berdasarkan ranking atau peringkat di atas kertas tapi implementasi dan kontribusi riil Universitas Airlangga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar